Rabu, 05 Juni 2013

Membangun Sebuah Jaringan LAN dan Sharing Printer

Jaringan Komputer adalah menghubungkan dua komputer  atau lebih, sehingga antara satu komputer dengan yang lain dapat saling bertukar resource seperti sharing file, printer, dll  dengan menggunakan protocol yang sama, dalam hal ini TCP/IP.  Adapun jaringan komputer ini telah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan.
  • Alat dan Bahan yang dibutuhkan untuk membuat jaringan LAN :
  1. Dua buah seperangkat komputer atau lebih (sesuai dengan kebutuhan)
  2. Switch (sesuaikan dengan kebutuhan)
  3. Kabel UTP
  4. Konektor RJ 45
  5. Crimping tool
  6. LAN Tester
  7. Printer
  • Setelah Alat dan Bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya yaitu konfigurasi kabel UTP.
             Caranya :
  1. Kupas kedua ujung kulit luar kabel  utp menggunakan mata pisau crimping atau gunting, dengan panjang kira-kira 1.5cm,
  2. Kemudian urutkan warna-warnanya dengan  aturan : a). Untuk aturan kabel straight : orange, putih - orange - hijau, putih - biru - biru, putih - hijau - coklat, putih - coklat.       b). Untuk aturan kabel crossover : hijau, putih - hijau - orange, putih - biru - biru, putih - orange - coklat, putih - coklat.
  3. Setelah kedua ujung kabel diurutkan warnanya sesuai konfigurasi, ratakan ujung kabel UTP dengan memotong sedikit bagian kabel (tidak usah di kupas kabelnya),
  4. Masukkan kabel tersebut kedalam konektor RJ-45 secara hati-hati jangan sampai tertukar urutannya,
  5. Kemudian crimping/jepit kabel tersebut menggunakan tang crimping sampai terdengan suara klik. (Ingat dalam mengcrimping jangan terlalu keras menekan krn menyebabkan konektor patah
  6. Langkah terakhir adalah menge-cek kabel yang sudah kita buat tadi dengan menggunakan LAN tester, caranya masukan masing-masing ujung kabel (konektor RJ-45) ke masing2 port yang tersedia pada LAN tester, nyalakan dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan urutan kabel yang kita buat.
  • Setelah mengkonfigurasi kabel UTP, langkah selanjutnya membuat topologi star dengan 1 server, 28 host dan sebuah printer untuk di sharing.

  •  Mengeset konfigurasi IP Address
Setelah jaringan fisik terinstal, maka kita harus mengkonfigurasikan IP Address agar terkoneksi. Untuk membuat Jaringan LAN kita dapat menggunakan IP Addres kelas C. 
           Dengan cara :
  1. Klik start, lalu pilih Control Panel
  2. Double klik pada Network and Sharing Center
  3. Double klik pada LAN, lalu pilih Properties, kemudian pilih IP V4 (TCP/IP  V 4)
  4. Pada use following IP Address isikan data-data mulai dari IP Addres komputer server : 192.168.10.1, komputer host 1 : 192.168.10.2, komputer host 2 : 192.168.10.3, sampai komputer host yang ke 28. Dan untuk getway nya diisi sama seperti IP Address tetapi akhirnya 0,
  5. Klik ok untuk menutup kotak dialog TCP/IP V 4
  6. Klik ok untuk menutup  kotak dialog LAN
  7. Klik start, lalu pilih CMD sampai keluar kotak dialog "Command",
  8. Lalu ketik : IP config (untuk mengecek IP Address sendiri)
  9. Lakukantes ping koneksi dengan komputer sebelah (IP Address 192.168.10.2, 192.168.10.3 sampai dengan host ke 28) jika terkoneksi maka akan muncul tulisan reply from.
  • Langkah-langkah melakukan sharing printer :
  1. Klik start, lalu Device and Printer
  2. Pilih printer yang dikehendaki, lalu klik kanan dan pilih printer properties,
  3. Kemudian pilih share this printer dan pilih ok.



SELAMAT MENCOBA !!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar